Follow By Email

LEMBAH TANGISAN MENJADI TEMPAT BERMATA AIR


Berbahagialah manusia yang kekuatannya di dalam Engkau, yang berhasrat mengadakan ziarah!  Apabila melintasi lembah Baka, mereka membuatnya menjadi tempat yang bermata air; bahkan hujan pada awal musim menyelubunginya dengan berkat.   Mereka berjalan makin lama makin kuat, hendak  menghadap Allah di Sion.
( Mazmur 84:5-6 )


Lembah Baka artinya adalah The Valley of weeping ( lembah tangisan).

Berbicara mengenai tekanan, persoalan, kesulitan dalam hidup, ada anggapan bahwa persoalan atau masalah yang dihadapi membuat seseorang menjadi kuat didalam TUHAN. Persoalan tidak selalu membuat kita menjadi kuat tapi justru sering kali membuat kita lelah dan menjauh dari TUHAN, justru masalah dan problem dalam hidup membuat anak - anak Tuhan menyalahkan TUHAN dan kec ewa.

Sesungguhnya Anugerah TUHAN lah yang menjadikan kita kuat dan membuat kita senantiasa bersyukur. Anugerah TUHAN yang membuat kita mengerti bahwa ada tangan yang tidak terlihat yang selalu menolong kita.

Tujuan TUHAN Yesus datang kedunia adalah :

Dan Yesus menjawab mereka: "Pergilah, dan katakanlah kepada Yohanes apa yang kamu lihat dan kamu dengar: Orang buta melihat, orang lumpuh berjalan, orang kusta menjadi tahir, orang tuli mendengar, orang mati dibangkitkan dan kepada orang miskin j  diberitakan kabar baik. 
( Lukas 7 : 22 )

Pencobaan datangnya bukan dari pada Tuhan dan Tuhan merancangkan rancangan - rancangan yang damai sejahtera untuk kita semua. Tuhan tidak pernah bertujuan memberikan penyakit, kebangkrutan, persoalan dll, tetapi Yesus datang membawa pemulihan, kesembuhan dan memberi hidup dan hidup yang berkelimpahan

Berfirmanlah TUHAN kepada Musa, demikian: "Katakanlah kepada orang Israel, supaya mereka balik kembali dan berkemah di depan Pi-Hahirot, antara Migdol dan laut; tepat di depan Baal-Zefon berkemahlah kamu, di tepi laut.
( Keluaran 14:1-2 )


Bangsa Israel sedang berada di Lembah Baka ( lembah Tangisan ) di tempat yang sangat sulit sekali

Migdol artinya Menara / tembok    

Baal Zefon artinya tersembunyi atau rahasia ( tidak jelas didepan mereka )


Apakah yang bisa orang Israel lakukan ? Mereka tidak bisa ke kanan ataupun ke kiri sedangkan didepan gelap, suram / tidak jelas dan dibelakang tentara berkuda Mesir.


Pernahkah kita diposisi yang seperti ini ?

Tetapi berkatalah Musa kepada bangsa itu: "Janganlah takut, berdirilah tetap dan lihatlah keselamatan dari TUHAN, yang akan diberikan-Nya hari ini kepadamu; sebab orang Mesir yang kamu lihat hari ini, tidak akan kamu lihat lagi untuk selama- lamanya. TUHAN akan berperang untuk kamu, dan kamu akan diam saja."

Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Mengapakah engkau berseru-seru demikian kepada-Ku? Katakanlah kepada orang Israel, supaya mereka berangkat. ( Start on journey ) Dan engkau, angkatlah tongkatmu dan ulurkanlah tanganmu ke atas laut dan belahlah airnya, sehingga orang Israel akan berjalan dari tengah-tengah laut ditempat kering.
( Keluaran 14:13-16 )

Musa diperintah oleh Allah untuk mengangkat tongkat nya. Tongkat itu adalah lambang SALIB KRISTUS. Salib bagi orang dunia adalah kebodohan tetapi bagi orang yang percaya adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan.

Jika iman tidak disertai perbuatan pada hakekatnya adalah mati ( Yakobus 2 : 17 )

Tuhan berfirman kepada Musa untuk "BERANGKAT" "START ON JOURNEY".

Ketika bangsa Israel mulai bersiap - siap untuk berangkat, Tuhan membuat mujijat yang luar biasa menjadikan laut merah terbelah menjadi dua sehingga  orang Israel menyeberang laut merah di tanah yang kering.

Ketika engkau dalam situasi yang sulit, jangan berhenti dan mengasihani diri sendiri tetapi "start on journey", percaya bahwa Tuhan akan lakukan mujijat untuk kita.

Karena iman maka mereka telah melintasi Laut Merah sama seperti melintasi tanah kering, sedangkan orang-orang Mesir tenggelam, ketika mereka mencobanya juga.
( Ibrani 11:29 )

Semua harus dikerjakan dengan iman dan jangan hanya mencobanya / coba coba saja karena kita bisa tenggelam. Hati-hati dengan positive thinking karena itu bukan iman.

Iman dasarnya adalah Firman Kristus yang timbul dari mendengar Firman Kristus

 JANGAN COBA COBA, ini adalah masalah Iman

Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa berkata kepada gunung ini: Beranjaklah dan tercampaklah ke dalam laut! asal tidak bimbang hatinya, tetapi percaya, bahwa apa yang dikatakannya itu akan terjadi, maka hal itu akan terjadi baginya. Karena itu Aku berkata kepadamu: apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu.  
( Markus 11 : 23 - 24 )


Ketika memperkatakan Firman Iman :

- Firman tidak mungkin gagal -
 
- Firman tidak mungkin kembali sia sia -
 
- Apa yang di firmankan akan dilaksanakan segera -


Perkataan Iman :
  • Tuhan berkata Musa : Belah lah airnya
  • Kepada orang sakit Tuhan tidak menyuruh kita mendoakan orang sakit, tetapi "Sembuhkanlah orang sakit" 
  • Mazmur 84, ketika kita menlewati Lembah Baka, mereka ( Kita ) akan mengubahnya menjadi tempat yang bermata air 
  • Ketika perahu Yesus dan murid - murid Nya diterpa badai, Yesus menghardik badai itu untuk diam dan tenang
Ada tertulis : " Aku percaya sebab itu aku berkata - kata " ( 2 Korintus 4 : 13 )
 

Markus 5 : 25 - 34
Ada seorang wanita yang sudah sakit 12 tahun pendarahan dan sudah berobat hingga habis hartanya tapi belum sembuh bahkan semakin buruk keadaannya.

 Dia mendengar berita - berita tentang Yesus dan ketika imannya timbul maka ia berkata : "Asal kujamah jubah NYA, aku akan sembuh"

Wanita itu mengalami kesembuhan oleh karena imannya kepada Yesus


Di situ mereka memberitakan Injil. Di Listra ada seorang yang duduk saja, karena lemah kakinya dan lumpuh sejak ia dilahirkan dan belum pernah dapat berjalan. Ia duduk mendengarkan, ketika Paulus berbicara. Dan Paulus menatap dia dan melihat, bahwa ia beriman dan dapat disembuhkan. Lalu kata Paulus dengan suara nyaring: "Berdirilahtegak di atas kakimu!" Dan orang itu melonjak berdiri, lalu berjalan kian ke mari.
 ( Kisah Para Rasul 14:7-10 )


Orang yang lumpuh sejak lahir itu mempunyai iman tetapi masih belum sembuh, ketika Paulus menyuruh orang lumpuh itu untuk berdiri maka orang lumpuh itu mengalami mujijat kesembuhan.

"Orang benar akan hidup oleh iman"

3 comments:

  1. Saya suka sekali bagian yang menyatakan ada perbedaan antara iman dengan positive thinking. Jadi apakah kita harus menunggu sampai dapat Firman untuk melangkah Pak?

    ReplyDelete
  2. Firman adalah Yesus.
    Yesus tinggal dalam hidup kita sehingga Firman / Yesus akan menjadi pelita bagi kaki kita dan terang bagi jalan kita dan jika Firman yang memimpin, pasti akan membawa kita ke jalan yang benar.

    ReplyDelete