Follow By Email

PERJUMPAAN DENGAN YESUS

Oleh : Pdt. Ardian Andana

Banyak orang percaya merindukan Tuhan dalam hidupnya dan kita sering mendengar perkataan bahwa kita harus mengalami perjumpaan secara pribadi dengan TUHAN.
Dan ketika kita tidak bisa mengalami perjumpaan dengan Tuhan, kita merasa bahwa hidup kita belum layak, banyak dosa dll
Perkataan ini sering membuat kita bingung bahkan membuat frustasi.
Banyak orang mengira bahwa perjumpaan dengan Tuhan itu perjumpaan secara fisik dan pertanyaannya adalah apakah betul demikian.


Pada hari itu juga dua orang dari murid-murid Yesus pergi ke sebuah kampung bernama Emaus, yang terletak kira-kira tujuh mil jauhnya dari Yerusalem, dan mereka bercakap-cakap tentang segala sesuatu yang telah terjadi. Ketika mereka sedang bercakap-cakap dan bertukar pikiran, datanglah Yesus sendiri mendekati mereka, lalu berjalan bersama-sama dengan mereka. Tetapi ada sesuatu yang menghalangi mata mereka, sehingga mereka tidak dapat mengenal Dia.
Lukas 24:13-16

Setelah Kematian dan kebangkitan Yesus, ada dua orang murid yang sedang berjalan menuju kampung yang bernama Emaus dan ketika Yesus bergabung dengan mereka, Yesus tidak dikenali oleh mereka.
Pengenalan akan Yesus jangan berhenti hanya dalam percakapan kita atau sekedar untuk bertukar pikiran saja, Dia adalah Yesus yang nyata dan luar biasa.

Apa yang membuat Yesus tidak dikenali oleh mereka ?

Tetapi ada sesuatu yang menghalangi mata mereka, sehingga mereka tidak dapat mengenal Dia.
Lukas 24:16

Ternyata ada selubung atau sesuatu yang menghalangi mata mereka yang membuat kedua orang murid tidak bisa mengenali Yesus ketika berjalan bersama dengan mereka

Apa yang menghalangi mata mereka sehingga mereka tidak bisa melihat Yesus ?

Lalu Ia berkata kepada mereka: "Hai kamu orang bodoh, betapa lambannya hatimu, sehingga kamu tidak percaya segala sesuatu, yang telah dikatakan para nabi! Bukankah Mesias harus menderita semuanya itu untuk masuk ke dalam kemuliaan-Nya?" Lalu Ia menjelaskan kepada mereka apa yang tertulis tentang Dia dalam seluruh Kitab Suci, mulai dari kitab-kitab Musa dan segala kitab nabi-nabi.
Lukas 24:25-27

Ada 2 hal yang Tuhan Yesus sampaikan tentang apa yang membuat mata kita terhalang sehingga kita tidak bisa mengenal Yesus.

Lukas 24:25  

1. BODOH 
                                                                                                                                  
Membaca Alkitab tetapi tidak mengerti makna yang terkandung di dalamnya.        
Jangan kita membaca Alkitab seperti seseorang yang sedang kejar setoran, karena hal ini hanya akan menjadi suatu kewajiban saja dan kita tidak bisa mengerti apa yang sesungguhnya terkandung didalamnya.
 
2. LAMBAN HATI SEHINGGA TIDAK PERCAYA 
                                                           
Yang dimaksud adalah mungkin mengerti apa yang  kitab suci katakan, namun  untuk bisa percaya adalah sesuatu yang sulit                                                                         
Contoh :                                                                                                                              
Firman berkata : Oleh bilurNya kita telah sembuh, disaat kita sakit dapatkah kita percaya bahwa oleh bilurNya kita  sembuh ?                                   

Apa yang Yesus kerjakan supaya selubung yang menutup mata bisa hilang dan kita bisa melihat Yesus ?

Lalu Ia menjelaskan kepada mereka apa yang tertulis tentang Dia dalam seluruh Kitab Suci, mulai dari kitab-kitab Musa dan segala kitab nabi-nabi. 
                                                                                                          Lukas 24:27

Yesus menjelaskan kepada mereka tentang pribadiNya yang tertulis sejak kitab Musa dan segala nabi-nabi yang menubuatkan kedatangNYA juga tujuan kedatangan Yesus di dunia ini


Di kitab Perjanjian Lama banyak tertulis tentang pribadi Yesus yang digambarkan dengan banyak lambang - lambang, dan kita harus bisa menemukan-NYA

Ketika Yesus menjelaskan kepada mereka tentang PribadiNya yang ditulis didalam kitab Musa dan kitab para nabi-nabi terbukalah mata mereka dan mereka melihat Yesus yang ada dalam Alkitab dan itu membuat hati mereka berkobar -  kobar
 
Inilah yang dimaksud dengan perjumpaan dengan Yesus,.


Setiap kali membaca Alkitab kita merasakan passion didalam dan kobaran api yang menyala dalam hati kita oleh karena Firman atau Yesus itu sendiri



Secara fisik Yesus sudah duduk disebelah kanan Allah Bapa, tetapi bukan berarti kita tidak bisa berjumpa dengan Yesus

Temukan Yesus didalam alkitab

  Firman adalah Yesus
Yohanes 1:1

Tetapi kamu telah beroleh pengurapan dari Yang Kudus, dan dengan demikian kamu semua mengetahuinya.  
 1 Yohanes 2:20

Tetapi kalian sudah menerima Roh Allah yang dicurahkan oleh Yesus Kristus dan itu sebabnya kamu semuanya mengenal ajaran yang benar
1 Yohanes 2:20 - BIS

Pengurapan yang adalah Roh Kudus  juga PENOLONG, ROH KEBENARAN yang akan bersaksi tentang Yesus dan yang akan membawa kita kepada Pribadi Yesus

Roh Kudus yang akan mengajari, menolong dan menyingkapkan mata kita  untuk bertemu dengan pribadi Yesus lewat Firman

Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar. 
II Korintus 3:18

Ketika kita lahir baru dan percaya, tidak ada selubung lagi sehingga kita bisa melihat Yesus

Nikmati "perjumpaan dengan Yesus" setiap hari dalam hidupmu !

1 comment:

  1. Pak thanks for sharing this good news!
    Pak kapan2 bisa sharing gimana Bapak selama ini belajar Alkitab. Tentu Roh Kudus, Roh Kebenaran membantu menyingkapkan pribadi Tuhan. Maksud saya seperti mempelajari makna kata dalam bahasa aslinya. Apa perlu belajar khusus? Ada buku2 yang membantu? Seperti itu. Thanks a lot Pak! Tuhan memberkati!

    ReplyDelete