Follow By Email

MENJADI PANAS

Ada satu kata yang penting yang akan kita pelajari, tetapi sebelum kita lihat kata itu mari kita lihat dahulu hal dibawah ini.

Sebagai orang percaya harus tahu bahwa kita tinggal di dalam TUHAN dan TUHAN tinggal di didalam kita.


"dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku. Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar dari pada siapapun, dan seorangpun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa. Aku dan Bapa adalah satu." - 
Yohanes 10:28-30

Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri
Yohanes 14:11

Jika kita ada didalam Yesus, setan tidak bisa menjamah kita ? Jika Setan tidak bisa menjamah kita, kenapa kita harus takut kepada iblis ? jika si iblis hendak menjamah kita, si iblis harus berhadapan dengan Yesus dahulu.

"Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya".
Yohanes 15:7

Ketika Firman atau Yesus tinggal di dalam kita, Minta apa saja, kamu akan menerimanya !

Pernahkah mendengar kata ENTHUSIASM atau ANTUSIAS ?

Kata ENTHUSIASM atau ANTUSIAS berasal dari kata "EN-THEOS".  


“EN” artinya "DIDALAM" dan "THEOS” artinya TUHAN. 
Ketika "TUHAN DIDALAM" kita, maka ANTUSIAS atau SEMANGAT akan muncul.

Jika TUHAN DIDALAM kita ( ANTUSIAS ) maka akan membuat hidup kita BERSEMANGAT dan tidak hidup malas. Adalah tidak benar bila kita hidup dalam kasih karunia dan melegalkan hidup bermalas-malasan. Justru oleh karena kasih karunia kita akan bekerja lebih keras lagi.

Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan
Roma 12:11

Not slothful ( Malas / lamban ) in business; fervent in spirit; serving the Lord 
Romans 12 : 11 - KJV 

Ayat di Roma 12:11 berbicara 2 hal :
  
-  Dalam pekerjaan, karier atau usaha

- Juga dalam melayani Tuhan
  

MENYALA - NYALA / FERVENT artinya : kuat, keras, dengan sungguh - sungguh
FERVENT - ZEALOUS - TO BE HOT ( menjadi panas )

Tuhan mau kita senantiasa MENYALA - NYALA atau MENJADI PANAS dan tidak suam suam kuku

Di pekerjaan, Studi, dalam rumah tangga ataupun dalam melayani TUHAN, kita harus mempunyai "roh yang menyala-nyala" karena "TUHAN didalam" dan itu yang dinamakan ANTUSIAS ( "EN-THEOS" ). 
Jika ada antusias di dalam kita maka cara kita bekerja, di rumah tangga ataupun dalam melayani TUHAN akan berbeda dengan orang lain.

Artinya menjadi panas “TO BE HOT” sama seperti air yang mendidih ( boiled water ) dan bukan seperti soft drink yang hanya bergairah sementara saja. Perhatikan kata roh dengan "r" kecil ini berbicara mengenai roh kita, semangat hidup kita yang harus menyala-nyala, yang kuat, dan dengan sungguh-sungguh.

Memang baik kalau orang dengan giat berusaha menarik orang lain dalam perkara-perkara yang baik, asal pada setiap waktu dan bukan hanya bila aku ada di antaramu.
Galatia 4:18

Kata "giat" digunakan kata yang sama dengan kata "menyala-nyala" yaitu digunakan kata fervent, zealous atau hot / panas didalam. Artinya kita tidak akan bisa GIAT bila yang didalam kita tidak menyala - nyala atau panas. 

ANTUSIAS akan membuta semua yang kita kerjakan bisa maksimal.

"sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita". - I Yoh 5:4

Ketika kita menerima Yesus maka Yesus ada di dalam hidup kita, inilah ANTUSIAS / TUHAN DI DALAM ! dan kita akan mengalahkan dunia
  
Untuk melakukan pekerjaan, studi, pelayanan dll  kita tidak dapat mengandalkan kekuatan yang diluar melainkan "kekuatan yang dari dalam" yang berasal dari TUHAN itulah yang dapat membuat kita kuat.

TETAP SEMANGAT !!!

2 comments:

  1. Terima kasih sudah disemangatin Pak! And this little bird is following me! It's cute!

    ReplyDelete
  2. If you click the bird, it goes to my twitter... :D

    ReplyDelete