Follow By Email

BATALNYA JANJI TUHAN

Pdt Ardian Andana





Berfirmanlah TUHAN kepada Abram: "Pergilah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan dari rumah bapamu ini ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu; Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyhur; dan engkau akan menjadi berkat. Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat .
( Kejadian 12 : 1 - 3 )

Galatia 3 : 1 - 14
Dan jikalau kamu adalah milik Kristus, maka kamu juga adalah keturunan Abraham dan berhak menerima janji Allah
( Galatia 3 : 29 )

Banyak anak Tuhan mempunyai paradigma yang salah dalam mengikut Tuhan. Cara berpikir kita harus diubah sejalan dengan Firman TUHAN.  Jangan ambil Kebenaran hanya sepotong-sepotong saja melainkan ambil kebenaran secara utuh.

Ketika kita mempercayai sesuatu yang salah, maka hidup kita akan salah juga.
Bila kita percaya kepada sesuatu yang benar, maka kita akan mengalami sesuatu yang benar.

 
Right believing produces right living


Jangan pernah berpikir bahwa ketika kita mengalami sesuatu yang buruk dalam hidup ini, itu karena seijin Tuhan



Pola pikir kita yang salah mengenai TUHAN harus diubah. TUHAN tidak pernah memberikan perkara yang buruk dengan tujuan merubah hidup kita atau membuat supaya kita kenal akan Tuhan.
TUHAN tidak pernah memberikan kepada kita sakit penyakit, problem dalam keluarga, problem dalam bisnis atau keuangan. Seringkali itu semua adalah kesalahan dan keteledoran kita sendiri.


TUHAN Yesus datang agar kita mempunyai hidup dan mempunyai dalam segala kelimpahan
( Yohanes 10:10 ).

Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan. 
( Yeremia 29 : 11 )

 

Apabila seorang dicobai, janganlah ia berkata: "Pencobaan ini datang dari Allah!" Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapapun. 
( Yakobus 1 : 13 )

Paradigma yang tidak sesuai dengan Firman Tuhan harus diubah. Kepercayaan yang salah akan menghasilkan tindakan yang salah. Tindakan salah menyebabkan kita tidak bisa menerima janji TUHAN.

Banyak orang berkata bila kita berbuat kesalahan maka Tuhan akan meninggalkan hidup kita. Coba perhatikan hidup Abraham. Sarah,istri Abraham dikatakan cantik. Karena takut dibunuh ia berulangkali berdusta kepada orang lain dengan mengaku bahwa Sarah adalah adiknya atau saudaranya. Meski demikian, TUHAN masih tetap menolong Abraham. Inilah kasih karunia yang menyertai Abraham. Itulah yang dinamakan anugerah. Dan Abraham disebut “sahabat Allah” bukan karena ia melakukan yang benar.

Batalnya Janji TUHAN
” Sebab bukan karena hukum Taurat telah diberikan janji kepada Abraham dan keturunannya, bahwa ia akan memiliki dunia, tetapi karena kebenaran, berdasarkan iman. Sebab jika mereka yang mengharapkannya dari hukum Taurat, menerima bagian yang dijanjikan Allah, maka sia-sialah iman dan batallah janji itu.
( Roma 4:13-14 )

TUHAN memberikan janji kepada Abraham jauh sebelum hukum taurat diberikan.
Tidak ada seorangpun diantara kita yang sanggup hidup benar dengan melakukan hukum Taurat tetapi kita dibenarkan oleh karena Darah NYA yang dicurahkan kepada kita semua.

Alkitab berkata bahwa kita adalah keturunan Abraham dan berhak menerima Janji yang Tuhan berikan kepada Abraham ( Kejadian 12 : 1  - 3 )


Untuk menerima janji yang Tuhan janjikan kepada Abraham untuk kita, Firman berkata bahwa kita harus menerimanya dengan iman / percaya dan bukan dengan melakukan hukum Taurat dimana harus melakukan ini dan itu, mesti begini  mesti begitu supaya kita bisa hidup benar dan mendapatkan janji itu.


Jika kita berusaha mendapatkan janji yang Tuhan berikan kepada Abraham untuk kita dengan melakukan hukum Taurat, maka batallah janji TUHAN itu.


Kesalehan kita dihadapan TUHAN sama seperti kain kotor ( kain pembalut wanita bekas).  Maka sia-sia lah iman kita mengharapkan janji TUHAN dengan menunjukkan kesalehan kita dihadapanNya.


Dibenarkan oleh karena iman

3:1 Hai orang-orang Galatia yang bodoh, siapakah yang telah mempesona kamu? Bukankah Yesus Kristus yang disalibkan itu telah dilukiskan dengan terang di depanmu? 3:2 Hanya ini yang hendak kuketahui dari pada kamu: Adakah kamu telah menerima Roh karena melakukan hukum Taurat atau karena percaya kepada pemberitaan Injil ? 3:3 Adakah kamu sebodoh itu? Kamu telah mulai dengan Roh, maukah kamu sekarang mengakhirinya di dalam daging ? 3:4 Sia-siakah semua yang telah kamu alami sebanyak itu? Masakan sia-sia! 3:5 Jadi bagaimana sekarang, apakah Ia yang menganugerahkan Roh kepada kamu dengan berlimpah-limpah dan yang melakukan mujizat di antara kamu, berbuat demikian karena kamu melakukan hukum Taurat atau karena kamu percaya kepada pemberitaan Injil? Secara itu jugalah Abraham percaya kepada Allah, maka Allah memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran 3:7 Jadi kamu lihat, bahwa mereka yang hidup dari iman, mereka itulah anak-anak Abraham. 3:8 Dan Kitab Suci, yang sebelumnya mengetahui, bahwa Allah membenarkan orang-orang bukan Yahudi oleh karena iman, telah terlebih dahulu memberitakan Injil kepada Abraham: "Olehmu  segala bangsa akan diberkati." 3:9 Jadi mereka yang hidup dari iman, merekalah yang diberkati bersama-sama dengan Abraham yang beriman itu.  3:10 Karena semua orang, yang hidup dari pekerjaan hukum Taurat, berada di bawah kutuk. Sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang tidak setia melakukan segala sesuatu yang tertulis dalam kitab hukum Taurat " 3:11 Dan bahwa tidak ada orang yang dibenarkan di hadapan Allah karena melakukan hukum Taurat adalah jelas, karena: "Orang yang benar akan hidup oleh iman" 3:12 Tetapi dasar hukum Taurat bukanlah iman, melainkan siapa yang melakukannya, akan hidup karenanya. 3:13 Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!" 3:14 Yesus Kristus telah membuat ini, supaya di dalam Dia berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain, sehingga oleh iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu. 
( Galatia 3: 1-14)


Tuhan yang akan menggenapkan Janji Nya kepada kita dan bagian kita hanya "PERCAYA"

Martin Luther King berkata : setiap janji Allah di Alkitab bisa menjadi hukum ( Law ) atau kasih karunia ( Grace ), Kita berdiri disisi yang mana. Bila kita melihat janji TUHAN disisi kasih karunia ( Grace ) maka kita bisa mendapatkannya. Bila kita berdiri disisi taurat ( Law ) maka akan membuat kita takut.. 


Tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya !

Oleh karena Anugerah NYA kita percaya sehingga kita mendapatkan janji yang Tuhan janjikan kepada Abraham untuk kita yaitu :


TUHAN memberkati kita serta membuat nama kita masyhur dan kita akan menjadi berkat !

2 comments:

  1. bagaimana dengan kisah ayub??? bukankah yang dia alami atas seijin Tuhan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu Karena Ayub masih hidup di bawah hukum taurat..

      Delete