Follow By Email

DOA YANG DIJAWAB


Pdt. Ardian Surya Andana


I Yoh 3:19-24

Tidak seperti tuhan yang lain, TUHAN kita adalah TUHAN yang hidup, Dia bukan TUHAN yang tuli. Dia adalah TUHAN yang selalu mendengarkan doa – doa. Dia adalah TUHAN yang peduli dan memperhatikan kehidupan kita. Bila kita menaikkan doa kepadaNya, pasti Dia akan jawab, karena Dia adalah TUHAN yang mengasihi dan baik kepada umatNya.




dan apa saja yang kita minta, kita memperolehnya dari pada-Nya, karena kita menuruti segala perintah-Nya dan berbuat apa yang berkenan kepada-Nya.
( 1 Yohanes 3 : 22 )

dan apa saja yang kita minta.....
Jika kita bicara mengenai apa saja itu berarti hanya sebagian atau semuanya ? Tentu saja yang dimaksud adalah semuanya, termasuk juga keinginan-keinginan hati kita

dan bergembiralah karena Tuhan; maka Ia ( Tuhan ) akan memberikan kepadamu apa yang diinginkan hatimu. 
( Mazmur 37 : 4 )

Banyak orang menjadi takut untuk meminta kepadaNya. Mereka biasanya akan berkata begini, “saya takut meminta kepadaNya, nanti kalau Dia tidak berkenan bagaimana?” Well, percayalah apa yang dikatakan Alkitab, bahwa TUHAN akan memberikan apa saja yang diinginkan hatimu. Dan apa saja yang kita minta, kita akan memperolehnya daripadaNya.


Ada 4 hal yang perlu diperhatikan dalam berdoa :

1. Kita berasal dari Kebenaran
 
Demikianlah kita ketahui, bahwa kita berasal dari Kebenaran. Demikian pula kita boleh menenangkan hati kita dihadapan Allah
( 1 Yohanes 3 : 19 )


Kita harus tahu bahwa kita adalah orang - orang yang dibenarkan sehingga kita berasal dari kebenaran

dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus.  
( Roma 3 : 24).

Siapa yang ada di dalam Kristus maka ia adalah ciptaan baru dan yang lama sudah berlalu. Hidup benar didapat bukan dari hasil usahakita  melainkan oleh kasih karunia TUHAN.
Orang percaya yang menganggap hidupnya masih manusia berdosa tanpa sadar berkata bahwa kematian Yesus di kayu salib tidak ada artinya.

Doa orang benar atau doa orang yang dibenarkan Tuhan akan didengar

TUHAN itu jauh dari pada orang fasik, tetapi doa orang benar didengar-Nya ( Bahwa jauhlah Tuhan dari pada segala orang jahat, tetapi permintaan doa orang benar diluluskannya - TL )
( Amsal 15 : 29 )

2. Tuduhan menghalangi kita mendekat kepada Tuhan

Saudara-saudaraku yang kekasih, jikalau hati kita tidak menuduh kita, maka kita mempunyai keberanian percaya untuk mendekati Allah,
( 1 Yohanes 3 : 21 )

Tuduhan ( condemnation ) membuat kita tidak berani menghadap tahta Kasih Karunia Allah. Tuduhan yang di arahkan ke hati kita menyebabkan perasaan bersalah, berdosa, tidak layak dll.  Sama seperti peristiwa Adam dan Hawa ketika makan buah pengetahuan yang baik dan jahat dan mereka menyembunyikan diri, menjauh dari hadapan TUHAN. Detik kita merasa perasaan bersalah itu muncul dan hati kita pun tertuduh, maka otomatis kita akan cenderung menjauhi tahta kasih karunia.
Bagaimana mengatasinya ?
Kita harus tahu siapa kita didalam Kristus Yesus, Yesus mati dikayu salib menebus semua dosa dan kutuk dalam hidup kita sehingga kita menjadi manusia yang baru dan yang lama sudah berlalu.
Injil yang membuat kita bisa berdiri teguh melawan tipu daya muslihat si iblis. Dan akhirnya kita beroleh keberanian mendekati Allah Bapa sebagai orang yang dibenarkan oleh anugerah dan  bukan karena hasil usaha sendiri.

3. Percaya akan nama Yesus Kristus

Dan inilah perintah-Nya itu: supaya kita percaya akan nama Yesus Kristus, Anak-Nya, dan supaya kita saling mengasihi sesuai dengan perintah yang diberikan Kristus kepada kita.
( 1 Yohanes 3 : 23 )


Sebagai orang percaya kita mengerti bahwa kita adalah orang-orang yang dibenarkan oleh kasih karunia dan tidak ada tuduhan yang merintangi hati kita, maka kita punya keberanian mendekati Bapa. Pada saat itu lah kita meminta apa saja ( termasuk keinginan hati kita ), maka kita akan memperoleh dari padaNya bila kita menuruti apa yang diperintahkanNya. Apa perintahNya ?
Perintah Nya adalah supaya kita percaya akan nama Yesus Kristus. Percaya bahwa nama Kristus Yesus sungguh berkuasa memberikan apa yang kita minta.

dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya."
( Yohanes 14 :13 - 14 )

4. Saling Mengasihi
 
Dan inilah perintah-Nya itu: supaya kita percaya akan nama Yesus Kristus, Anak-Nya, dan supaya kita saling mengasihi sesuai dengan perintah yang diberikan Kristus kepada kita. 
( 1 Yohanes 3 : 23 )


Seperti yang kitab Galatia 5 : 6 tulis bahwa "Iman yang bekerja oleh kasih"
Iman / Percaya kita akan efektif bila ada kasih didalamnya

0 comments:

Post a Comment